by

22 Kali Gempa Tiktonik di Gayo Lues

“Gempa tektonik tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat, hanya saja direspon oleh sensor-sensor pendeteksi gempa yang terpasang di sejumlah wilayah Aceh,” DJATI CIPTO KUNCORO

TAMIANGSATU.COM – Gempa tiktonik yang terjadi di Gayo Lues, Aceh hari ini terjadi sebanyak 22 kali namun berskala kecil sehingga tidak berdampak terhadap kerusakan dan korban jiwa  

Sejak pukul 04.00 WIB hari ini,  28 September 2020, BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, mencatat dan menganalisa ada 3-4 kejadian gempa di Tenggara Kabupaten Gayo Lues, Aceh

“Hingga pukul 13.03 WIB, BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar telah melakukan analisa event gempa tektonik sejumlah 22 kejadian, yang berpusat di wilayah

Gayo Lues,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro di Aceh Besar, seperti dilansir Antara, Senin (28/9/2020).

Djati menyebutkan, gempa tektonik tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat, hanya saja direspon oleh sensor-sensor pendeteksi gempa yang terpasang di sejumlah wilayah Aceh.

“Hingga kini belum adanya laporan (gempa) dirasakan oleh masyarakat,” kata Djati.

Sebelumnya, diberitakan BMKG Aceh Besar mencatat empat kali terjadi gempa berskala kecil di Gayo Lues sejak Senin (28/9) pagi.

Menurut dia, gempa bumi memang setiap hari terjadi di wilayah Indonesia dan belahan dunia lainnya. Namun, gempa belum bisa dipastikan tempat dan jadwal akan terjadinya.

“Dan sejak pukul 04.00 WIB pada 28 September 2020 hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, mencatat dan menganalisa ada 3-4 kejadian gempa di Tenggara Kabupaten Gayo Lues, Aceh,” kata  Djati.

Namun, lanjut Djati, gempa tersebut hanya direspon oleh sensor-sensor yang terpasang di beberapa wilayah Aceh, dengan kekuatan antara magnitudo 2-3.

“Hingga saat ini belum ada informasi dirasakan, dan dampak dari gempa-gempa itu. Masih dalam respon sensor-sensor gempa yang terpasang di beberapa wilayah Aceh,” ujar Djati.

Djati menjelaskan, beberapa peristiwa gempa tersebut yakni pada pukul 09.04 WIB dengan kekuatan magnitudo 2,6. Kemudian, pada pukul 09.42 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,5.

Selanjutnya, pada pukul 09.56 WIB dengan kekuatan magnitudo 3.0 serta pada pukul 10.05 WIB dengan kekuatan meganitudo 2,8. Keempat kejadian itu berlokasi di wilayah Tenggara Kabupaten Gayo Lues. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *