by

Ambruk Dihantam Banjir, Warga Minta Pemkab Bangun Jembatan Baru Batu Sumbang – Rantau Panjang

-Nanggroe-64 views

Ambruk Dihantam Banjir, Warga Minta Pemkab Bangun Jembatan Baru Batu Sumbang – Rantau Panjang

TAMIANGSATU.COM [ KARANG BARU – Jembatan yang menghubungkan Kampang Rantau Panjang – Batu Sumbang – Simpang Jernih,  Kecamatan Simpang Jernih, Aceh Timur ambruk dihantam banjir,  lima hari lalu.

Kondisi ini berdampak terhadap akses ekonomi warga, karena jembatan gantung ini menjadi sarana utama ekonomi warga dan aktifitas warga menuju Ibukota kecamatan.

Mantan Anggota DPRK Aceh Timur, Zainal kepada tamiangsatu.com, Senin (25/1/2021) mengatakan, dirinya mendapat laporan dari warga terkait ambruknya jembatan gantung yang menghubungkan dua desa di sekitar kawasan Pulo Munta, Aceh Timur itu, sehingga dirinya bersama komunitas trail Aceh Tamiang, Adi Darma yang juga Aisten Pemkab Aceh Tamiang, Dani Nasyida melihat langsung kondisi jembatan yang dibangun tahun 1990an oleh pengusaha HPH ketika itu.  

Jembatan Rantau Panjang – Batu Sumbang, Keca Simpang Jernih, Aceh Timur ambruk dihantam banjir minggu lalu. tamiangsatu.com/Dani

Dilapangan menurut Zainal, kondisi jembatan gantung itu, memang sudah dimakan usia karena berumur hampir 30 tahun sehingga saat dihamtam banjir, dugaannya kekuatan jembaan sudah menurun sehingga mudah ambruk saat dapat tekanan banjir.

Akibat ambruknya jembatan gantung itu,  berdampak terhadap ekonomi warga karena jembatan gantung merupakan akses utama, warga Gampong Rantau Panjang menuju Gampong Batu Sumbang dan selanjutnya, warga naik getek menyeberang Sungai Tamiang ke Ibukota Simpang Jernih.

“Kita sempat diskusi dengan warga Rantau Panjang dan mereka menyampaikan keluhan dampak jembatan gantung ambruk, meminta pemerintah segera membangun jembatan baru di desa mereka,” ujar Zainal.  

Jembatan ambruk dihantam banjir. tamiangsatu.com/Dani

Lanjut Zainal, untuk saat ini, warga terpaksa menggunakan sampan menyeberangi sungai menuju Gampong Batu sumbang bahkan jika air sungai tidak banjir, kadang ada warga yang berenang menyeberangi sungai tersebut.

Baca :PT Mapoliraya Salurkan Bantuan Banjir Aceh Tamiang

Baca :Densus 88 Tangkap Lima Teroris di Aceh, Ada yang PNS

Pihaknya berharap Pemkab Aceh Timur dan Pemerintan Aceh agar segera mungkin membangun jembatan permanen yang menghubungkan Desa Rantau Panjang dan Simpang Jernih agar akses warga mengeluarkan hasil pertanian lebih mudah dan harganya stabil.

“Untuk sementara Pemerintah Aceh membangun dulu jembatan darurat di desa itu, meski mereka berada di pedalam Aceh Timur namun pemerataan dan keadilan pembangunan harus terwujud,” pungkas Zainal memgakhiri (*)                   

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita