by

BPBA Gelar Mitigasi Bencana di Aceh Tamiang, Ini Tujuannya

TAMIANGSATU.COM [ KARANG BARUBadan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) kerjasama dengan KARTS Aceh dan BPBD Aceh Tamiang menggelar workshop migitasi kebencanaan menuju desa tangguh bencana di Kabupaten Aceh Tamiang selam dua hari, 29-30 September 2022.

Sekda Aceh Tamiang, Drs Asra mewakili Bupati Aceh Tamiang pada pembukaan workshop migitasi kebencanaan, Kamis (29/9/2022)  mengaku pihaknya sangat mendukung terlaksananya pelatihan mitigasi kebencanaan menuju desa tangguh bencan yang memuat komponen risiko bencana di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kabupaten Aceh Tamiang memiliki indeks ketahanan daerah yang rendah (ikd=0,30) menurut kajian risiko bencana Aceh 2021-2023,” ujar Asra

Sekda juga mengucapkan terima kasih kepada BPBD Kabupaten Aceh Tamiang yang telah berinisiatif menyelenggarakan pelatihan mitigasi kebencanaan ini, mudah-mudahan masyarakat desa menjadi lebih waspada atas potensi bencana yang dapat terjadi berupa banjir, banjir bandang, gempa bumi, tanah longsor, dan kekeringan serta kebakaran lahan.

Baca : BPBD Aceh Tamiang Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

Menurut Sekda, pemerintah daerah dan masyarakat idealnya harus mampu mengenali dan memahami langkah antisipasi/mitigasi maupun penanggulangan bencana secara terpadu yang disosialisasikan secara terpadu oleh berbagai pihak,  sesuai dengan kajian yang mengakomodir komponen risiko bencana.

Antara lain, ancaman, kerentanan, dan kapasitas di Kabupaten Aceh Tamiang. Selain itu, Desa Tangguh Bencana ini juga nantinya akan mendukung rekomendasi penyusunan kebijakan penanggulangan bencana yang terintegrasi dengan pembangunan di Aceh Tamiang yang pada  intinya adalah meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana di Kabupaten Aceh Tamiang.

Untuk itu, lanjut Asra, desa tangguh bencana ini akan difasilitasi dengan narasumber, materi, dan pendekatan yang diarahkan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat berdasarkan pembelajaran pengurangan risiko bencana berbasis komunitas.

bpbd
BPBA menggelar mitigasi bencana kampung tangguh di Aceh Tamiang. Kamis 29 September 2022. tamiangsatu.com.ist

Dengan demikian, desa tangguh bencana Kabupaten Aceh Tamiang yang dilakukan dapat dijadikan dasar tindak pemerintah kabupaten maupun Provinsi Aceh, serta pemerintah pusat dalam mengambil kebijakan prioritas dan alternatif yang berhubungan dengan desa tangguh bencana di Kabupaten Aceh Tamiang.

Baca : Aceh Tamiang Rawan Bencana, Pasukan Siaga Bencana Diapelkan

“Inti Pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana di Kabupaten Aceh Tamiang,” ujar Sekda lagi

Kami berharap melalui pelatihan mitigasi kebencanaan menuju desa tangguh bencana, seluruh masyarakat memiliki kemandirian untuk beradaptasi dan bersikap siaga dalam menghadapi ancaman bencana yang sewaktu-sewaktu akan terjadi.

Diharapkan juga pemerintah desa dan masyarakat dapat melakukan langkah langkah antisipatif untuk mengurangi dampak bencana, dengan merencanakan pembangunan serta upaya pemulihan yang relevan, rehabilitasi dan rekontruksi yang mengandung aspek-aspek pencegahan dan kesiapsiagaan, kedarurat dan logistik.

Sebelumnya, Panitia pelaksana dari Karts Aceh, Ari Tanoga  dalam laporannya mengatakan, kegiatan workshop migitasi kebencanaan menuju desa tangguh bencana merupakan kerjasama BPBA, KARTS Aceh dan BPBD Aceh Tamiang yang berlangsung selama dua hari.

Baca : Antisipasi Banjir, Bupati Minta Sungai Tamiang Dinormalisasi

Peserta terdiri dari sejumlah utusan kampung dalam Kecamatan Karang Baru, Seruway dan Bendahara

“Tujuan pelaksanaan untuk pembentukan desa tangguh bencana di Aceh Tamiang,” demikian Ari Tonaga (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.