by

Cuaca Ekstrem, Pohon Tumbang Timpa Lima Rumah di Aceh Jaya

-Nanggroe-14 views

TAMIANGSATU.COM [ ACEH JAYA – Sebanyak lima rumah di Desa Bintah, Kecamatan Pasie Raya, Kabupaten Aceh Jaya, Aceh tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi Minggu  (6/3/2022) sore.

Lima rumah warga yang tertimpa pohon tumbang tersebut milik, M Jafar Sidik (57), Junaidi (42), Saibur Rahman (39),  Ismail (67), Tomasjen (40), ssemuanya berprofesi sebagai petani.

Rumah milik petani ini tertimpa pohon kweni dan pohon durian sehingga mengalami kerusakan parah  namuan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.  

“Iya benar, kejadiannya kemarin sore, setidaknya ada 5 rumah warga rusak akibat tertimpa pohon durian dan pohon kweni yang berada dekat pekarangan rumah warga,” kata Camat Hamdani dilansir AJNN.net Senin (7/3/2022)

Pernah Terjadi di Aceh Tamiang

Sebelumnya di beritakan tamianggssatu.com, kejadin serupa juga pernah terjadi di Aceh Tamiang akhir tahun 2020 lalu, akibat angin kencang satu unit rumah milik janda Lianti (45) warga Dusun Cinta Murni Kampung Suka Rakyat, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang tertimpa pohon durian nyaris membuat rumah  sederhan itu hancur. Minggu (1/11/2020) sore.

Namun tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi sore hari itu karena saat kejadian penghuni rumah tidak berada di tempat.

pohon tumbang
RUMAH milik janda Lianti (45) warga Dusun Cinta Murni Kampung Suka Rakyat, Kecamatan Rantau tertimpa pohon durian. MInggu (1/11/2020) tamiangsatu.com/dok BPBD

Kabid Kesiapsiagaan, Pencegah Kebakaran BPBD Aceh Tamiang, Muhammad Husni kepada tamiangsatu.com, Senin (2/11/2020) mengaku terkejut mendapat laporan sore hari itu ada rumah warga yang tertinmpa pohon durian akibat angin kencang sementara di Karang Baru yang merupakan ibukota Kabupaten Aceh Tamiang tidak ada angin kencang.

Meskipun demikian informasi tersebut langsung ditindak lanjuti pihaknya dengan menurunkan tim reaksi cepat BPBD untuk membersihkan pohon yang menimpa rumah warga itu.

“Selain kita bersihkan pohon yang menimpa rumah warga itu, pohon disekitarnya juga yang dikhawatirkan jika angin kencang lagi akan tumbang juga di tumbangi,” ujar Husni.

Rumah tersebut merupakan rumah  yang dihuni anak yatim bersam ibunya, Lianti (45) dan tiga anaknya, Alfina Darmayanti (17), Dedek Iksan Finanda (15), dan Aditiya Tri Nata (7) (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.