by

Desainer Muda Desain Fashion Etnik Aceh

Desainer Muda Desain Fashion Etnik Aceh

TAMIANGSATU.COM – Desainer muda Aceh mulai merancang fashion bernuansa etnik Aceh sebgai bentuk kepedulian desainer muda Aceh peduli dengan budaya Aceh sehingga menjadikan budaya Aceh lebih modern yang dikenal oleh masyarakat luar, baik nasional maupun internasional.  

Munculnya desaianer muda ini mendapat apresiasi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banda Aceh, Hj Nurmiati AR ketika mengikuti webinar bertema “Karakteristik Etnik Aceh pada Busana Milenial” di pendopo wali kota Banda Aceh.

“Kami sangat kagum dengan semangat generasi muda Aceh yang masih peduli dengan budaya Aceh. Dengan munculnya ide baru yang kreatif dari anak muda, makan diharapkan etnik Aceh dapat lebih maju,” ungkap Nurmiati di Banda Aceh dilansir Antara, Senin (19/10/2020)

Ia mengatakan, munculnya generasi milenial yang kreatif, dan perduli terhadap perkembangan etnik Aceh dapat menjadikan budaya Aceh lebih modern yang dikenal oleh masyarakat luar, baik nasional maupun internasional.  

Baca : Begini Cara Mendaftar UMKM Lewat Online, Login di eform.bri.co.id

Baca :Tamiang Minta Saham Pengelolaan Blok Migas

baca ;Menristek : Rantai Niaga Kunci Barang Indonesia Murah-murah

Baca ;Pasar Upah Aceh Tamiang Akan Direlokasi

Nurmiati yang juga menjabat Ketua PKK Kota Banda Aceh mengatakan, etnik Aceh merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan, sehingga keberadaannya harus selalu tetap dijaga.

“Warisan tentunya harus dijaga agar generasi penerus mengetahui budaya daerahnya sendiri,” ucapnya.

Pihaknya juga berharap, para perancang busana ini nantinya, ketika merancang fashion agar dapat berkolaborasi atau mengikutsertakan pengrajin-pengrajin Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) setempat agar pendapatan mereka juga ikut meningkat.  

“Di Aceh, banyak pengrajin kain tenun atau songket khas Aceh dan lainnya. Dengan adanya kerja sama, kita harapkan nantinya juga mampu meningkatkan pendapatan para UMKM,” terang dia. 

Pelaksana Tugas Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati, beberapa saat sebelumnya mengajak seluruh pelaku fashion, khususnya di kalangan milenial Aceh memperkenalkan motif unggulan etnik Aceh melalui fashion modern yang diminati kawula muda saat ini. 

Hal itu dilakukan sebagai salah satu cara dalam mendekatkan kembali keindahan, dan pesona motif etnik Aceh ke segala kalangan khususnya generasi muda.

“Milenial itu, sangat menyukai fashion. Jadi menampilkan keunikan dari motif etnik yang dikemas dalam fashion modern akan membuat mereka tertarik, dan bangga mengenakannya. Dengan harapan, motif etnik Aceh dapat digemari oleh kalangan milenial,” kata Dyah (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita