by

Dukcapil Tertibkan Adminduk, Kampung Silakan Mendaftar

Dukcapil Tertibkan Adminduk, Kampung Silakan Mendaftar  

TAMIANGSATU.COM  [ KARANG BARUPemerintah Kabupaten Aceh Tamiang mulai tahun 2021 mulai gencar melakukan penertiban administrasi penduduk, dinamai program Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Tersipu) di seluruh kampung (desa) yang ada di kabupaten ini

“Untuk tahun 2021 kita targetkan 40 kampung tuntas semuanya administrasi penduduk warga sehingga tidak ada lagi warga yang tidak memiliki KTP, akte kelahiran, akte kamatian dan kartu indentitas penduduk anak,” ujar Kadisdukcapil Aceh Tamiang Sepriyanto kepada tamiangsatu.com, Minggu (31/1/2021)

Diakhir tahun 2020 kemarin, pihaknya lanjut calon Sekda Aceh Tamiang ini sudah menuntaskan dua kampung tertib tuntas administrasi kependudukan yakni Kampung Kuala Penaga Kecamatan Bendahara dan Kampung Baling Karang Kecamatan Sekerak.

“Dua kampung ini merupakan kampung yang jauh dari ibu kota kabupaten, satu berada di pedalaman Aceh Tamiang bagian hulu dan satu lagi bagian pesisir.  Kampung Kuala Penaga merupakan kampung yang terisolir karena berada pada kepulauan dan Kampung Baling Karang sebuah kampung dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer dan menyeberangi sungai Tamiang,” jelasnya .

Menurutnya, program Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Tersipu) merupakan salah satu inovasi pelayanan adminduk kolaborasi antara Dinas Dukcapil dengan Pemerintah Kampung di Aceh Tamiang. 

Dalam program ini semua penduduk dalam Kampung dilayani sampai tuntas,  lengkap dan benar dokumen kependudukannya.

“Alhamdulillah saat ini berkah inovasi ini Kampung Kuala Penaga dan Kampung Baling Karang semua penduduknya sudah “Tersipu.  Mereka sudah memilik KTP,  KK,  KIA,  akta kelahiran serta dokumen kependudukan lainnya,” jelasnya.

Kampung Silakan Mendaftar

Kemudian Sepriyanto menambahkan untuk tahun 2021 ini Dukcapil Aceh menargetkan 40 kampung tersipu. Sudah ada lima kampung yang telah bersedia mendukung inovasi kampung tersipu.

Kampung tersebut terdiri dari Kampung Rimba Sawang Kecamatan Tenggulun, Kampung Bandar Setia Kecamatan Tamiang Hulu, Kampung Suka Ramai Dua Kecamatan Seruway, dua kampung di Kecamatan Bendahara masing – masing Kampung Seunebok Aceh dan Cinta Raja. 

Baca :Inovasi Pelayanan, Disduk Capil Dapat Bantuan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri dari Mendagri

Baca :Disdukcapil Aceh Tamiang Permudah Masyarakat Cetak KK dan Akte Secara Mandiri

Sedangkan lima kampung yang sudah mendaftar akan dilaksanakan program Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Tersipu) mulai Januari dan Februari tahun ini. “Dari target 40 kampung, masih ada sisa kuato 35 kampung lagi, pihaknya menghimbau datong penghulu yang  mau pendudukanya tuntas dan tertib adminitrasi tahun 2021 ini segera mendaftar,” pungkas Sepriyanto (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita