by

Gegara Tiang Dihantam Avanza, Tujuh Kecamatan Padam Listrik di Aceh Jaya

TAMIANGSATU.COM [ ACEH JAYA –  Tujuh Kecamatan di Aceh Jaya, Aceh padam listrik, gegara satu unit mobil penumpang Avanza menghantam tiang listrik hingga patah di Desa Alue Piet Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya, Senin (7/3/2022)

Tujuh Kecamatan yang mengalami padam listrik tersebut yakni, Kecamatan Panga, Krueng Sabee, Setia Bakti, Darul Hikmah, Sampoiniet, Indra Jaya dan Kecamatan Jaya,

Saat ini, tim PLN sedan memperbaiki tiang listrik yang dihantam avanza tersebut karena ada dua tiang yang patah. Diperkirakan perbaikan akan selesai pada sore hari namun tidak tertutup kemungkinan jika cepat selesai, siang hari listrik hidup kembali.

“Ada dua tiang yang patah akibat dari kecelakaan itu, saat ini, tim terus melakukan perbaikan,” ujar Manager PLN ULP Calang, Fadli Agustian seperti dilansir aceh.antaranews.com. Senin (7/3/2022).

Travo Ditabrak

Sebelumnya, kejadian listrik padam  di Aceh Jaya juga pernah terjadi pada pertengahan tahuan lalu, ketika itu listrik padam terjadi hampir diseluruh Aceh Jaya akibat insiden travo listrik milik PLN yang ditabrak mobil di kawasan SPBU di Desa Tanoh Manyang,Teunom, Aceh Jaya. Selasa (8/6/2021)

Mobil yang menabrak tiang listrik yang dipasang travo listrik PLN itu merupakan Mobil Penumpang (Mopen) warna putih sehingga mengakibatkan listrik padam di Aceh Jaya sekira pukul 12.00 Wib.

Kepala PLN Cabang Calang, Fery Verdian kepada wartawan, Selasa (8/6/2021) mengatakan untuk sementara waktu sistem kelistrikan di Kabupaten Aceh Jaya terpaksa kami padamkan karena kondisi urgent.

Ia menjelaskan, penyebab pemadaman karena ada insiden tiang serta travo milik PLN ditabrak mobil di kawasan SPBU Teunom, Aceh Jaya.

listrik padam
Tim PLN ULP Teunom sedang memperbaiki tiang yang dihantam mobil Avanza (HO/)

“Listrik padam karena tiang listrik ditabrak mobil  namun saat ini tim teknisi sedang dipersiapkan oleh UP3 Meulaboh untuk memperbaikai travo yang rusak,”  ujar Fery.

Dampak rusaknya travo yang ditabrak mobil tersebut hanya sebagian Kecamatan Teunom listrinya hidup, sedangkan seluruh kecamatan lain mengalami pemadaman. Diperkirakan untuk memperbaiki travo yang rusak tersebut membutuhkan waktu karena tim teknisi untuk memperbaiki travo rusak tersebut dari UP3 Meulaboh dan Teunom.

Solusi sementara akan dilakukan  mengupayakan manuver sistem kelistrikan untuk kota bisa hidup kembali menunggu listrik normal kembali (*).

Manager PLN ULP Calang, Fadli Agustian di Calang, Senin mengatakan saat ini tim har (perbaikan) dari Meulaboh sedang di lokasi untuk memperbaiki tiang listrik yang dihantam mobil avanza pada pukul, 00.15 WIB semalam.

“Ada dua tiang yang patah akibat dari kecelakaan itu, saat ini tim terus melakukan perbaikan,” Kata Manager PLN ULP Calang, Fadli Agustian.

Ia menjelaskan kecelakaan tersebut terjadi di wilayah kerja PLN ULP Teunom, yang berimbas hampir setengah dari Kabupaten Aceh Jaya mengalami pemadaman listrik

“Ada Tujuh Kecamatan yang mengalami pemadaman yaitu Kecamatan Panga, Krueng Sabee, Setia Bakti, Darul Hikmah, Sampoiniet, Indra Jaya dan Kecamatan Jaya,” Katanya.

Ia menambahkan kalau estimasi siap perbaikan adalah pada sore hari nanti dan tidak tertutup kemungkinan jika cepat selesai siang ini juga akan hidup kembali.

“Kami berharap kepada para pelanggan untuk dapat bersabar menunggu perbaikan tersebut oleh tim kami,” katanya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.