by

Innalillahi, Mantan Bupati Aceh Besar Meninggal Dunia

Innalillahi, Mantan Bupati Aceh Besar Meninggal Dunia

TAMIANGSATU.COM – Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun, Mantan Bupati Aceh Besar Dr H Bukhari Daud Med yang juga Dosen Program Studi Bahasa Inggris pada FKIP Universitas Syiah Kuala (USK) meninggal Dunia, Kamis (11/2/2021) sekira pukul 02.00 Wib.

Meninggalnya mantan orang nomor satu di Aceh besar itu cepatr tersebar di media sosial, tokoh Aceh ini meninggal dirumahnya Lampeneuruet disebut-sebut akibat serangan jantung.

“Innalillahi wainnailaihi rajiuuun. Telah berpulang ke rahmatullah orang tua kita Bpk. Dr. H. Bukhari Daud (mantan bupati Aceh Besar) tadi pukul 02.00 WIB dini hari di rumahnya di Lampeuneurut, Aceh Besar. Semoga husnul khatimah. Aamin, ” pesan duka di sejumlah grup WhatsApp (WA).

Namun penyebab pasti Dr H Bukhari Daud meninggal belum diketahui.

Bukhari Daud menjabat Bupati Aceh Besar selama lima tahuan periode 2012-2017.Setelah tak lagi menjabat bupati, Bukhari Daud kembali mengabdi di USK kemudian pensiun dini. Sebelumnya ia pernah menjabat Ketua Komisi Beasiswa Aceh yang pada masa Gubernur Zaini Abdullah diubah menjadi Lembaga Pengembangan Sumber Daya (LPSDM) Aceh.

Bukhari juga dikenal luas sebagai qari, imam, dan mubalig.  

Baca : Bupati Aceh Besar Mawardi Ketua PAN Aceh

Baca :Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Bupati Aceh Besar Disterilkan

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Beliau memang orang yang sangat baik. Insyaallah husnul khatimah,” kata Darwati A Gani, Anggota DPR Aceh yang mengenal sejak lama sosok Bukhari Daud yang meraih program doktor di Australia seperti dilansir serambinews.com, Kamis (11/2/2021).

Jasanya di bidang pelestarian dan pengembangan bahasa Aceh cukup dikenang, karena bersama temannya, Mark Durie, Bukhari menerbitkan kamus Bahasa Aceh-Inggris. Kamus ini digunakan secara luas oleh pembelajar bahasa Aceh di dalam dan luar negeri.

Selamat jalan Teungku Bukhari, akademisi religius nan taat, semoga husnul khatimah (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita