by

Inspektorat Aceh Tamiang Lauching Aplikasi Pengawasan Dana Desa

Inspektorat Aceh Tamiang Lauching Aplikasi Pengawasan Dana Desa.

TAMIANGSATU.COM [ KARANG BARU –  Inspektorat Kabupaten Aceh Tamiang me launcing aplikasi pembinaan dan pengawasan dana desa di lingkungan Pemkab Aceh Tamiang  di aula Kantor Bupati setempat, Selasa (20/10/2020).

Aplikasi yang disingkat “simbisa”  berbasis web merupakan inovasi dari tim Inspektorat Aceh Tamiang terkait pembinaan dan pengawasan pengelolaan anggaran Desa dan di klem aplikasi ini hadir yang pertama di Aceh, dan juga di Sumatera.

Peluncuran aplikasi ini langsung di lakukan Bupati Aceh Tamiang, Mursi di hadiri para camat se Aceh Tamiang, para datok, Kepala-kepala dinas dari OPD terkait, Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang, Polri serta di hadiri tamu dari inspektorat Kabupaten Langkat Propinsi Sumut serta Inspektorat Pemko Langsa, Inspektorat Nagan Raya dan  Inspektorat Aceh Timur.

Pada kesempatan tersebut Bupati Aceh Tamiang, Mursil mengatakan, aplikasi ini merupakan inovasi inspektorat Kabupaten Aceh Tamiang dengan penerapan berbasis web di era informasi digital terkait pembinaan dan pengawasan pengelolaan anggaran Desa dan aplikasi ini hadir yang pertama di Aceh, dan juga di Pulau Sumatra.

Sebelumnya Inspektur Aceh Tamiang, Asra melaporkan, hadirnya aplikasi ini bagian pentingnya kontrol dan pengawasan pengelolaan dana desa di Aceh Tamiang yang memiliki 213 desa, yang selama ini membutuhkan waktu dan SDM yang banyak untuk menyelesaikan tugas pengawasan, maka terkait hal tersebut inspektorat melakukan inovasi dengan menerapkan aplikasi “Simbisa”, agar terciptanya pelaksanaan pengawasan pembinaan terhadap pengelolaan keuangan kampung yang efektif,efisien dan ekonomis.

Tujuan aplikasi ini  agar terciptanya transparansi, tertib admistrasi dalam pengelolaan keuangan kampung bagi kampung dan terintegrasi dengan pengawasan dan pembinaan bagi APIP Kabupaten Aceh Tamiang. Aplikasi ini dapat di akes secara online melalui komputer dan mobile handphone dan terintegrasi secara langsung dan dapat di akses kapanpun. Melalui alamat situsweb “simbisa.acehtamiangkab.go.id”

sebelumnya Bupati Aceh Tamiang. Mursil juga meluncurkan aplikasi Tamiang Pande sebuah aplikasi berisi manajemen pendidikan untuk mengatasi kendala belajar dimasa pandemi Covid-19.  

Baca : Atasi Belajar Masa Pandemi, Bupati Luncurkan Aplikasi “Tamiang Pande”

Baca : Pencairan Dana Desa Tahap ke Tiga Menunggu Review ADD Tahun 2015-2019

Baca : Mursil : Datok Penghulu Harus Jaga Amanah Uang Rakyat Melalui Dana Desa

Baca :Dasar Hukum Penggunaan Dana Desa Untuk Pencegahan Covid-19

Peluncuran tersebut ditandai dengan suara sirine di aula Setdakab setempat, sebagai pertanda resminya launching aplikasi tersebut. Selanjutnya dilakukan simulasi tutorial dalam bentuk video ringkas, tata cara pengoperasian aplikasi e-Learning Tamiang Pande yang dipertontonkan kepada peserta yang hadir, Selasa (6/10/2020)

Bupati Aceh Tamiang, Mursil mengatakan, kewajiban melakukan proses belajar dari rumah selama masa Pandemi Covid-19, menjadi satu kebijakan bagi semua penyelenggara pendidikan di Indonesia. “Kondisi ini akhirnya mengharuskan pemerintah, khususnya Pemkab Tamiang mengambil langkah merumuskan sebuah inovasi dalam bidang pendidikan berupa aplikasi Tamiang Pande,” ujarnya.

Inovasi ini lanjut Bupati, untuk mengatasi kendala belajar selama masa pandemi berbentuk aplikasi e-Learning Tamiang Pande berbasis android yang akan mejawab semua permasalahan dan kendala yang dihadapi orang tua, guru dan siswa (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita