by

Tiga Komunitas Trail Rintis Track Tiga Wisata di Tamiang

“Jalur yang dirintis bukan jalur umum namun jalur tidak biasa dengan menerobos hutan, dan sungai, peserta berulang kali jatuh bangun saat mendaki bukit yang tinggi serta menyeberangi anak sungai,” CEK DAN

TAMIANGSATU.COM [ KARANG  BARU – Tiga komunitas sepeda motor trail di Aceh Tamiang, Tamiang Nomade Trail (TNT), Komunitas Atakamo Trail, Komunitas Kebas Aceh Tamiang melakukan rintis trcak tiga lokasi wisata di Aceh Tamiang.  Minggu  (28/9/2020)

Ke tiga lokasi  wisata yang dirintis jalur track trail ini, Bukit di Awan, Air Terjun Tamsar 27 di Kampung Bengkelang dan Air Terjun Sangka Pane Kampung Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka. Mereka start awal dari Komplek Perkantoran Pemkab Aceh Tamiang dipimpin Kasdim 0117/Atam, Mayor, Zulkifli.

Sekretaris Tamiang Nomade Trail, Muhmmad Dani kepada tamiangsatu.com, Senin (28/9/2020) mengatakan, sekitar 30 trail dari komunitas ini merintis track, mulai dari blok 10 perkebunan sawit tembus ke Wonosari kemudian menulusuri Hutan Bukit Tetek tembus ke Bukit di Awan.

Jalur yang dirintis bukan jalur umum namun jalur tidak biasa dengan menerobos hutan, dan sungai, peserta berulang kali jatuh bangun saat mendaki bukit yang tinggi dan berjurang serta menyeberangi anak sungai bahkan di perjalanan peserta juga menjumpai ular sehingga kecepatan terpaksa di pacu kencang.

“Kita mulai pukul 08.00 Wib mulai star sampai ke lokasi Wisata Sangka Pane, sekira pukul 15.00  beberapa jam di Sangka Pane, kemudian melanjutkan perjalanan dan tiba di Bukit di Awan pukul 16.30 Wib, setengah jam kemudian trail kembali memacu kecepatan ke Objek Wisata Air Terjun Tamsar setelah istirahat menikmati panorma alam dan mandi di air terjun,” ujar Cek Dan sapaan akrab Dani.

Tiba di lokasi wisata, rasa lelah seakan terbayar dengan indahnya panaroma alam yang masih eksotis, mereka kembali ke Caffe Abah sekira pukul 20.00 Wib  

Wisata Bukit Di Awan

Wisata Bukit di Awan

Kondisi puncak bukit diawan ini sangat indah, dari puncak bukit di awan, kita dapat menikmati pemandangan alam yang indah seperti sungai, hutan dan perkebunan. Bukit awan disematkan karena kita bisa melihat keindahan awan yang mengelilingi bukit di pagi hari

Wisata Air terjun Sangka Pane

Air Terjun Sangka Pane

Air Terjun Sangka Pane salah satu air terjun yang eksotis berada dibalik perbukitan. Tak seperti air terjun lainnya, tempat wisata ini memiliki kontur tebing berkelok disekelilingnya sehingga nampak cantik dan indah. Konon, air terjun ini merupakan air terjun terpanjang yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Wisata Air Terjun Tamsar  

Air Terjun Tamsar

Tamsar 27 merupakan sebuah sungai kecil yang dialiri air jernih, disitu terdapat 27 tingkatan yang terbuat dari batu. Tentunya tempat tersebut memiliki keunggulan tersendiri yang tidak ditemui di daerah lain. Selain tangga air 27 tingkat yang dinilai cukup menakjubkan, keunggulan tamsar ini terletak pada kondisinya yang masih alami dengan ditandai keberadaan orangutan dan ikan di aliran air tamsar.  Kawasan itu dinilainya bisa menyaingi Bukit Lawang (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita