by

KTNA Aceh Tamiang Dukung Banda Mulia Jadi Sentra Bawang Merah


KTNA Aceh Tamiang Dukung Banda  Mulia Jadi Sentra Bawang Merah

LAPORAN  : ERWAN 
TAMIANGSATU.COM | ACEH TAMIANG — Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang mendukung sepenuhnya Program Bupati untuk menjadikan Kecamatan Banda Mulia menjadi Sentra Penghasil Bawang Merah.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Kontak  Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang, D. Yogi S kepada Tamiangsatu.comRabu (15/7/2020) di Karang Baru.

Menurutnya keberhasilan sejumlah Kelompok Tani di Kecamatan Banda Mulia dalam membudidayakan Bawang Merah dapat diwujudkan oleh semangatnya para kelompok yang selama ini telah membuahkan hasil.

“Saat ini dengan kegigihan para Kelompok Tani dengan anggotanya telah membuahkan hasil,” sebut Yogi.

Menurutnya dengan kegigihan dan keuletan Kelompok Tani beserta anggotanya diperkiraan apa dicanangkan oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil dapat terealisasi Kecamatan Banda Mulia sebagai Sentra penghasil Bawang Merah.

“Bupati kita berkeinginan Kecamatan Banda Mulia sebagai kecamatan Sentra penghasilan Bawang Merah dengan memasok kebutuhan Bawang di Aceh Tamiang pada khususnya dan umumnya Aceh. Ya mudahan Bawang Merah kita juga dapat dipasarkan diluar propinsi Aceh,” harap Yogi

Yogi menambahkan dengan keberhasilan budidaya Bawang Merah di Kecamatan Banda Mulia tersebut, diharapkan kecamatan lain juga dapat mengikuti keberhasilan para kelompok tani yang ada di Banda Mulia.

“Dengam masa panen Bawang Merah selama 105 hari ini. Petani akan panen dengan perkiraan dalam perhektarnya akan menghasilkan 16 ton. Dengan hasil panen yang menjanjikan ini secara penghasilan akan mendongkrak nilai pendapatan para petani Bawang Merah,” ungkap Yogi.

Data yang diterima Tamiangsatu.com menyebutkan Budidaya Bawang Merah di Kabupaten Aceh Tamiang yang merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Propinsi Aceh tersebut seluas 30 Hektare.

30 Hektare tersebut tersebar di Kecamatan Banda Mulia, Seruway dan Rantau dengan rincian untuk Kecamatan Banda Mulia lahan yang telah direncanakan seluas 25 Hektar yang tersebar di Kampung Suka Mulia, Suka Jadi, Paya Rahat dan Kampung Telaga Meuku Dua.

Sementara 5 Hektar lagi di Kampung Suka Ramai Kecamatan Seruway seluas 3 Hektar dan Kampung Suka Kecamatan Rantau seluas 2 Hektar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita