by

KTNA Aceh Tamiang Sampaikan Keluhan pada Muslim Anggota DPR RI

KTNA Aceh Tamiang Sampaikan Keluhan pada Muslim Anggota DPR RI

TAMIANGSATU.COM [ ACEH TAMIANG ] — Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang sampaikan keluhan dan aspirasi bidang pertanian dan sektor perikanan kepada  anggota DPR RI, Muslim, SHI, MM dari Partai Demokrat.

Ketua KTNA Kabupaten Aceh Tamiang, D. Yogi Syahputra didampingi Sekretaris, Armansyah, Wakil Ketua I, Muhammad Syahrial dan Wakil Ketua II, Erwinsyah kepada Tamiangsatu.com, Senin (27/7/2020) mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan Reses anggota DPR RI, Muslim,SHI karena bisa membangun komunikasi dan menjalin silahturahmi dalam menghimpun informasi terhadap kemajuan dan kendala dihadapi petani di daerah ini. 

Pada kesempatan tersebut Yogi menyampaikan anggota KTNA seluruhnya mencapai 27.000 orang dan semuanya terdaftar sesuai SK Bupati yang tersebar di sebelas kecamatan dari dua belas Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Tamiang. 

” Melalui kegiatan reses dan silahturahmi ini, kami merasa suatu kehormatan karena KTNA menjadi perhatian bagi anggota DPR RI, ” ujar Yogi.

Ditegaskan Yogi, adapun kebutuhan para petani yang potensial dikembangkan sekarang ini adalah benih padi dan bawang dan bidang peternakan yaitu bantuan sapi baik itu untuk budidaya penggemukan maupun pengembang biakkan sapi. 

” Sedangkan dalam meningkatkan pendapatan para nelayan membutuhkan bantuan boat dan perlengkapannya, “ungkap Yogi lagi. 

Yogi juga menjelaskan untuk petani tambak di wilayah pesisir Aceh Tamiang saat ini kendala dihadapi adalah area tambak masyarakat banyak yang sudah rusak dan perlu perhatian serius untuk membantu pengrehapan tambak.

“Dengan adanya pengrehapan tambak, petani tambak bisa melaksanakan budidaya tambak secara maksimal serta hasil produksi dapat meningkatkan pendapatan para petani tambak itu sendiri, ” terang Yogi.

 Lanjutnya, kebutuhan prasarana pendukung dibidang pertanian lainnya yaitu mesin pemoting padi ( comben) dan traktor bajak sawah serta becak viar sebagai saran pengangkut hasil panen padi dan jenis lainnya untuk jalur yang tidak bisa dilalui mobil pick up. 

” Kami berharap aspirasi petani Aceh Tamiang ini bisa terakomodir dari bantuan pemerintah pusat melalui Kementrian terkait, karena kebutuhan ini belum tentu dapat terealisasi dari dana APBK Aceh Tamiang yang sangat minim, ” harap Yogi. 

Sementara itu, Muslim. SHI,MM  anggota DPR RI dalam pertemuan bersama pengurus KTNA Kabupaten Aceh Tamiang dan pengurus KTNA Kecamatan pada Minggu (26/7/2020) sore di caffe O’ Tamiang Karang Baru mengatakan, kegiatan reses adalah untuk menyerap aspirasi masyakat tentang pertanian dan kelautan, karena posisinya di Komisi IV DPR RI membidangi pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, kelautan dan Perum Bulog serta sejalan dengan lembaga KTNA. 

” Jika Aceh Tamiang memiliki kelompok tani dan kelautan yang hebat, saya selaku angota DPR RI akan siap membantu KTNA, termasuk memfasilitasi bila ada anggota atau Ketua KTNA  ke Jakarta untuk melakukan koordinasi program – program di Kementrian sesuai dengan bidangnya, ” ujar Muslim. 

Menyangkut dengan aspirasi KTNA Aceh Tamiang yang telah disampaikan tersebut, Muslim menyampaikan, bahwa dirinya bukan sebagai eksekutor penentu permintaan dari KTNA.

 “Saya akan membangun koordinasi dengan Mentri, Gubernur, Bupati dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan sehingga dapat merencanakan anggaran dalam pemenuhan kebutuhan pertanian, khususnya di Aceh Tamiang, ” sebut Muslim.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *