by

Pemerintah Aceh Siapkan Sertifikat Untuk Warga Miskin

-Nanggroe-37 views

Pemerintah Aceh Siapkan Sertifikat Untuk Warga Miskin

TAMIANGSATU.COM – Pemerintah Aceh menyiapkan sertifikat tanah untuk keluarga miskin atau kurang mampu untuk di seluruh kabupaten /kota di Aceh hingga tahun 2023.

Untuk kategori masyarakat penerima sertifikat tersebut berdasarkan basic data terpadu (BDT) yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten/kota di Aceh. 

“Untuk tahap awal kita ispakan empat ribu sertifikat, targetnya sampai 2023,” ujar Kepala Pertanahan Aceh Sunawardi, dilansir antara.com, Selasa. (26/1/2021)

Sunawardi mengatakan, pada 2020 lalu pihaknya sudah menyerahkan 1.650 sertifikat untuk dua kabupaten di Aceh yakni Bener Meriah dan Bireun. 

Kemudian, pada 2021 ini sudah diserahkan sebanyak 1.500 sertifikat untuk delapan kabupaten/kota yakni Aceh Barat Daya, Aceh Tenggara, Aceh Tengah dan Aceh Tamiang, Kota Lhokseumawe, Sabang, Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Besar. 

“Tahap awal ada empat ribu lembar sampai 2023 yang ditargetkan. Tapi ini kita sampai tahun 2021 saja sudah tiga ribu lebih, bisa melebihi target,” ujarnya. 

Setelah itu, kata Sunawardi, dari data tersebut dilakukan peninjauan dan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) oleh tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). 

baca :Serahkan 1910 Sertifikat Tanah, Mursil : Jangan Gadaikan Untuk Hal Tidak Penting

baca :Pemerintah Aceh Siapkan Lahan Untuk Kombatan GAM

“Program PTSL itu melaporkan dan mengukur ulang tanah, informasi awalnya dari kepala desa yang menginput data masyarakat,” kata Sunawardi. 

Ditambahkan Sunawardi, dengan proses tersebut, maka akan semakin banyak masyarakat miskin yang mendapatkan sertifikat, apalagi seluruh kebutuhannya dibiayai pemerintah Aceh (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita