by

Ayo Buruan, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi, Begini Cara Daftarnya

Ayo Buruan, Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi, Begini Cara Daftarnya  

TAMIANGSATU.COM  – Kabar gembira bagi pencari kerja, hari ini pendaftaran kartu pra kerja gelombang  VI mulai dibuka hari ini  tepat pukul 12.00 Wib.

Ayo buruan karena kouta penerimaan kartu prakerja gelombang VI terbatas hanya dibuka untuk 800.000 orang, cara daftarnya dapat dilakukan via online.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja, Louisa Tuhatu kepada wartawan yang dilansir detik.com  Kamis (27/8/2020) mengatakan, Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran gelombang VI dibuka hari ini, tepatnya pada pukul 12.00 WIB.

Louisa mengatakan, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang VI ini dibuka untuk 800.000 orang. Sementara untuk calon peserta gelombang V, akan diumumkan Sabtu (29/8), pukul 08.00 WIB.  “Mereka yang lolos seleksi akan menerima SMS pemberitahuan,” jelasnya.

Bagi calon pesertaKartu Prakerja gelombang V pun bisa langsung masuk ke laman resmi prakerja.go.id untuk mengecek langsung di dashboard akun masing-masing mengenai informasi kelulusannya. Jika tidak, maka peserta bisa mendaftar ulang di gelombang selanjutnya.

“Para pendaftar juga dapat memeriksa dashboard mereka untuk mengetahui apakah mereka terpilih untuk bergabung dalam gelombang V. Akan ada 800.000 orang yang tergabung dalam gelombang V kali ini. Begitu juga untuk gelombang VI yang akan dibuka hari ini, kuotanya tetap sama yaitu 800.000,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan detik.com, banyak lulusan Kartu Prakerja telah memulai usaha sendiri. Dari tracking survei kepada 240.000 penerima Kartu Prakerja, banyak penerima yang telah memulai berwirausaha memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat Kartu Prakerja. Ada yang memulai usaha warung kopi, pembuatan kue, maupun desain grafis.

“Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Pra Kerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, F&B, dan lifestyle. Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030,” kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu  beberapa waktu lalu.

Cara Mendaftar Kartau Para Kerja Secara Online

Pendaftaran program Kartu Parkerja dapat dilakukan secara online dengan mengakses situs prakerja.go.id. Berikut cara daftar Parakerja via online:

1. Buka website www.prakerja.go.id, kemudian klik ‘Daftar Sekarang’.

2. Isi dan ikuti prosedur pendaftaran yang tersedia, kemudian kirim.

3. Setelah itu data peserta Kartu Pra Kerja akan diverifikasi.

4. Bagi yang lolos akan dikirimkan notifikasi melalui email, untuk selanjutnya mendapatkan bantuan dan melakukan pelatihan.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar Kartu Pra Kerja harus menyiapkan dokumen data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), email, nomor telepon, dan bersedia mengisi data diri secara benar. Dalam peraturan baru, tidak ada lagi ketentuan selfie atau swafoto.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai daftar Prakerja, pemerintah menyediakan pusat bantuan di (021) 25541246 yang beroperasi setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-19.00 WIB, atau e-mail info@prakerja.go.id (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

Index Berita