by

“Petani Kuat Petani Sejahtera”

TAMIANGSATU.COM | ACEH TAMIANG — Pengalan kalimat ” Petani Kuat Petani Petani Sejahtera ” merupakan kalimat yang disampaikan oleh M. Irwan, SP anggota DPRK Aceh Tamiang dari Fraksi Gerindra saat melakukan kunjungan di Kelompok Tani  Mekar Tani Kampung Suka Jadi dan kelompok tani Telaga Meuku Dua Kecamatan Banda Mulia, Minggu (31/5/2020).

Kunjungan yang dilakukan tersebut dilakukan atas permintaan kelompok tani dalam rangka memberikan motivasi terhadap para petani yang saat ini sedang menggalakkan Budidaya Bawang Merah.

” Petani kita harus kuat, dengan petani kita kuat maka petani kita akan sejahtera. Disamping itu nilai tukar petani merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani,” sebut Irwan ditengah – tengah para petani.

Irwan menambahkan nilai tukar petani juga menunjukkan daya tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

” Jadi semakin tinggi nilai tukar petani, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani” jelasnya.

Dalam kunjungan ke Kelompok Tani Mekar Tani yang sedang membudidayakan Bawang Merah tersebut Irwan mengatakan nilai jual Bawang Merah dipasaran saat ini cukup menjanjikan. 

Menurut Irwan, dengam masa panen Bawang Merah selama 105 hari ini. Petani akan panen dengan perkiraan dalam perhektarnya akan menghasilkan 16 ton dengan nilai jual Rp. 60.000 – 70.000 perkilogram.

” Saya yakin dengan semangat baru dalam Budidaya Bawang Merah ini, para petani akan dapat menikmati jerih upayanya. Nilai jual Bawang Merah cukup menjanjikan” ujarnya.


Irwan dengan Background Sarjana Pertanian Lulusan Faperta Unsyiah Banda Aceh ini mengatakan pertanian kita akan kuat dengan sesering mungkin dilakukan pendampingan dan dukungan dari Dinas Pertanian.


Pendampingan dan dukungan secara intensif, sambung Irwan supaya petani di Aceh Tamiang lebih maju ke depan. ” Saya mengapresiasi keberhasilan Kelompok Tani Mekar Tani Kampung Suka Jadi. Dibawah kepemimpinan Bapak Poniman kelompok tani ini berhasil. Ini contoh yang harus diikuti oleh kelompok lainnya,” sebut Irwan mengakhiri.

Sementara itu dari data yang Tamiangsatu.com menyebutkan Budidaya Bawang di Kabupaten Aceh Tamiang yang merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Propinsi Aceh tersebut seluas 30 Hektare.

30 Hektare tersebut tersebar di Kecamatan Banda Mulia, Seruway dan Rantau dengan rincian untuk Kecamatan Banda Mulia lahan yang telah direncanakan seluas 25 Hektar yang tersebar di Kampung Suka Mulia, Suka Jadi, Paya Rahat dan Kampung Telaga Meuku Dua.

Sementara 5 Hektar lagi di Kampung Suka Ramai Kecamatan Seruway seluas 3 Hektar dan Kampung Suka Kecamatan Rantau seluas 2 Hektar.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita