by

Puluhan Anak Ikut Khitanan Massal di Puskesmas Bandar Pusaka

TAMIANGSATU.COM [Bandar Pusaka –Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang melaksanakan khitanan massal di Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (22/03/2021).

Dalam kegiatan ini Dinas kesehatan Aceh Tamiang bekerjasama dengan UPTD Puskesmas dan Forkompimcam Bandar Pusaka melakukan khitanan massal kepada 63 anak.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dan juga koordinator pelaksana Zulfanda mengatakan kegiatan khitanan massal ini merupakan program Bupati Aceh Tamiang melalui dinas kesehatan dan dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas.

“Kegiatan ini termasuk salah satu kegiatan Dinas Kesehatan dalam membantu masyarakat kurang mampu di tengah pandemi ini dan dilaksanakan secara bertahap yang dilaksanakan di masing-masing puskesmas yang berada di 12 kecamatan,” ujar Zulfanda.

“Pelaksanaan khitanan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan, karena itu kita adakan di puskesmas masing-masing kecamatan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Bandar Pusaka Jamaul Khair, SKM ketika ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan khitanan massal ini sebagai bagian pengabdian dan pemberian pelayanan puskesmas kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bukti nyata peran puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang bertujuan untuk meringankan beban para orang tua yang kurang mampu untuk mengkhitankan anaknya dimasa pandemi,” kata Jamaul.

Jamaul juga menjelaskan bahwa akan tetap melayani seluruh peserta (anak-anak) yang mengikuti khitanan massal dan mengontrol kondisi pasca khitan.

“Kontrol setelah khitan dilakukan tiga hari setelah anak-anak di khitan, mengecek kesehatan, mengganti perban dan memberikan sedikit penjelasan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri, hal ini adalah bentuk tanggungjawab kami sebagai pelaksana untuk memastikan kondisi anak-anak pasca khitan,” jelas Jamaul.

Sementara itu Camat Bandar Pusaka Abdul Muthalib mengatakan dirinya sangat mengapresiasi atas kegiatan sunatan massal tersebut. Ia menilai kegiatan itu sangat membantu warga yang kurang mampu untuk bisa mengkhitankan anaknya secara gratis, sekaligus juga membantu program pemerintah.

“Dimasa pandemi sekarang, kegiatan seperti ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat. Kita harapkan kegiatan ini dapat berlanjut di tahun depan dan seterusnya,” kata Abdul Muthalib.

Abdul Muthalib juga mengatakan program khitanan massal ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat untuk mewujudkan generasi muda yang lebih sehat dan saleh. Saya yakin melalui program seperti ini akan didapatkan nilai-nilai positif dan insya Allah akan laksanakan setiap tahun.

“Mudah-mudahan khitanan massal ini bisa memberikan manfaat yang baik kepada peserta khitan dan anak-anak yang dikhitan dapat berperan aktif dalam membantu pembangunan guna kemajuan bersama,” tutup Abdul Muthalib.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita