by

Saat Kenduri Laut, Warga Minta Bupati Dirikan Tower Seluler

Saat Kenduri Laut, Warga Minta Bupati Dirikan Tower Seluler

TAMIANGSATU.COM [ BENDAHARA – Warga  sekitar Kampung Kuala Penaga, Kecamatan Bendahara meminta Bupati Aceh Tamiang mendirikan tower seluler di kampung mereka, agar anak anak  nelayan  pesisir ini dapat belajar menggunakan fasilitas internet.

Harapan warga tersebut diungkapkan saat Bupati bersama rombongan dari kabupaten menghadiri acara kenduri laut di Kuala Penaga, laut lepas Selat Malaka, Rabu (26/8/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang, Mursil mengatakan, tradisi kenduri laut di Aceh Tamiang agar terus dilestarikan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan nikmatNya, sehingga kita harapkan dengan rasa syukur ini rezeki dan hasil tangkapan nelayan melimpah  dan berkah.

“Tahun depan alangkah baiknya jika kenduri laut ini juga kita isi dengan zikir dan tausiah,” ujar Bupati.

Mursil juga menyarakan agar kenduri laut diadakan secara bersama kecamatan pesisir Bendahara dan Banda Mulia dibuat secara bergilir dan di satu lokasi dengan lebih meriah karena dua kecamatan ini berdekatan.

Usai nyantap hidangan kenduri laut, Bupati memberikan kesempatan kepada warga untuk menyuarakan aspirasinya, kesempatan itu digunakan warga agar Bupatri mendirikan tower seluler di daerah mereka sehingga anak anak nelayan di daerah pesisir dapat menikmati fasilitas belajar menggunakn internet terlebih dengan pola belajar masa pandemi yang lebih mengutamakan sitim belajar daring.  

Datok penghulu Kampung Kuala Penaga, Riki mengucapkan terima kasih atas dukungan Bupati Aceh Tamiang dalam melastarikan budaya kenduri laut ini.

Secara terpisah Panglima Laut Aceh Tamiang, Anwar Muhammad sangat  mendukung pelestarian tradisi kenduri laut  yang religius  dan tidak bertentangan dengan ajaran islam.

Walaupun menuju lokasi kenduri laut harus naik boat, berjalan kaki namun acara berjalan lancar dan di tutup dengan doa oleh Ketua MPU Aceh Tamiang Ustadz Syahrizal.

Hadir dalam kegitan ini, Dandim 0117/Atam Letkol Yusuf Adi Puruhita, anggota DPRA Nora Idah Nita, Ketua MAA dan MPU Aceh Tamiang, Dansubdenpom, Kadis Pangan, Kelautan dan Perikanan, Kepala BPBD, Kasatpol PP, Forkopimcam Bendahara dan sejumlah tokoh masyarakat (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita