by

SAPI GEMUK DENGAN PAKAN BERKUALITAS

TAMIANGSATU.COM[TENGGULUN–Masyarakat Kecamatan Tenggulun pada umumnya memiliki mata pencarian sebagai petani sawit walaupun demikian pekerjaan sampingan sebagai peternak sapi dan kambing masih dapat dilakukan, dan beternak sapi masih menjadi primadona warga tenggulun tersebut.
Sapi atau kambing yang dipelihara di tengah kebun sawit ditujukan sebagai tabungan oleh warga. Sapi-sapi itu dipelihara dengan cara dilepas pada pagi hari dan diarahkan ke kebun sawit oleh warga dan menjelang maghrib sapi tersebut digiring kembali ke kandang.
Selain itu kebanyakan peternak sapi di kecamatan itu melepas sapinya di area perkebunan perusahaan sawit.
Dalam usaha peternakan pemeliharan sistem umbar ini tentu memiliki sisi keuntungan bagi peternak terutama dalam penyediaan pakan rumput sapi dan dapat menghemat waktu peternak.
Peternak tidak perlu mengarit dan membersihkan kandang sehingga sistem umbaran ini relatif murah dan praktis.


Selain sisi keuntungan yang disebutkan tadi peternak juga mengalami kerugian yang timbul dengan sistem umbaran yaitu tingkat kematian ternak yang cukup tinggi dikarenakan berbagai faktor yang tidak bisa terkontrol. Terkadang sapi mati karena masuk parit atau lubang, memakan pupuk , penyakit, dan predator. Selain kematian, penambahan nilai
ekonomis sapi umbaran relatif lebih lama dibanding sapi yang dipelihara secara intensif.
Berdasarkan hal diatas seorang pemuda dari Desa Selamat Kecamtan Tenggulun,Heri Mardani yang berprofesi sebagai Security mulai mencoba melakukan intensifikasi peternakan dengan melakukan usaha penggemukkan sapi . Terobosan yang dilakukannya adalah dengan pengadaan Bank Pakan seluas kurang lebih 1 ha. Dilahan seluas itu ditanami berbagai macam rumput dengan kualitas dan produksi tinggi, diantaranya ada Rumput Pakchong, Gama, Ummi, King Grass, Odot, Guatemala/Mexicana dan Indigofera yang terkenal dengan kandungan protein yang tinggi.


Usaha penggemukkan yang diberi nama Mardani Farm ini awalnya mencoba menggemukkan dua ekor sapi saja, kemudian seiring waktu kapasitas pakan Mardani Farm bertambah maka jumlah ternaknya juga bertambah. Dalam penggelolaannya Mardani Farm dikelola bersama orang tuanya, H. Arifiin Cut dan Hj. Rony. Pengadaan Bank Pakan yang dikelola secara intensif ini merupakan inovasi di Kecamatan Tenggulun dan banyak masyarakat Tenggulun terutama Desa Selamat mulai mengikuti jejaknya.
Diharapkan para peternak di Kecamatan Tenggulun bisa mengelola ternak secara efektif dan efesien sehingga adanya pertambahan nilai yang mampu memsejahterakan peternak.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.