by

Tamiang Raih Penghargaan Menkumham, Keberhasilan Desa Sadar Hukum.

Tamiang Raih Penghargaan Menkumham, Keberhasilan Desa Sadar Hukum

TAMIANGSATU.COM [ KARANG BARU –  Kabupaten Aceh Tamiang meraih penghargaan  dari Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai salah satu kabupaten yang berahasil dalam pelaksaaan Kabupaten Desa Sadar Hukum (Kadarhukum) se Aceh dan pembentukan pelajar pegiat Hak Azasi Manusia (Kopetta HAM) di kabupaten ini

Penghargaan tersebut dituangkan dalam Keputusan Kementerian Hukum dan HAM RI nomor M.HH-19.KP.08.05 tahuan 2020 tentang pemberian penghargaan bagi Kementerian/Lembaga/Instansi serta Pemerintah Provinsi /Kabupaten/Kota sebagai mitra kerja Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2020.

Bupati Aceh Tamiang, Mursil kepada tamiangsatu.com, Kamis (29/10/2020) mengatakan, penghargaan tersebut merupakan prestasi yang membanggakan rakyat Kabupaten Aceh Tamiang karena kabupaten ini akan terus dikenanang sebagai salah satu daerah yang terus mengukir prestasi ditingkat nasional.

“Pretasi ini diberikan pada Aceh Tamiang disaat kita sedang sibuk dan gencarnya berperang menghadapi Pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ini menjadi sebuah prestasi yang membanggakan, tambah Kabag Humas Agusliayan Devita,   bagaimana tidak, Bupati Aceh Tamiang dinobat sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia yang berhasil dalam pelaksanaan Kabupaten Desa Sadar Hukum (Kadarkum) di Aceh dan Pelaksanaan Pembentukan Komunitas Pelajar Pegiat Hak Azasi Manusia (Koppeta HAM) Kabupaten Aceh Tamiang.

Baca :Mursil Turun Tangan HGU Diberikan, Masjid Rimbang Sawang Dibangun

Baca :Mursil : Urus Data Kependudukan “Dokumen Beres Tidak Pakai Uang”

Baca :Mursil Serahkan 7.181 Serahkan Akte Kelahiran Warga

Baca :Mursil Minta BPN Inventarisis Kebutuhan Tanah Pemerintah

Penilaian Desa Sadar Hukum

Sebelumnya, 42 desa di Kabupaten Aceh Tamiang diresmikan sebagai desa berpedikat Desa Sadar Hukum. Tidak mudah mendapat predikat Desa Sadar Hukum ini karena penilannya dari empat dimensi yakni akses informasi hukum, implementasi hukum, akses keadilan dan demokrasi serta regulasi.  “Jika desa dimaksud mampu memenuhi empat hal ini. Maka desa tersebut baru bisa dikatakan sebagai desa yang sadar hukum,” kata Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Benny Riyanto dalam acara peresmian di Aceh Tamiang, seperti dilansir republika.co.id setahun lalu  

Selain 42 Desa Sadar Hukum di Kabupaten Aceh Tamiang, Kepala BPHN Kemenkumham juga mengukuhkan Komunitas Pelajar Pegiat Hak Asasi Manusia (Kopeta HAM).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh Agus Toyib ketika itu menyebutkan, peresmian desa sadar hukum di Aceh Tamiang diharapkan semakin terwujudnya masyarakat yang cerdas dan patuh terhadap hukum tanpa paksaan.  Masyarakat, kata Agus Toyib, diharapkan bisa tergerak untuk menghargai dan patuh demi tegaknya supremasi hukum di daerahnya.

“Diharapkan Kabupaten Aceh Tamiang menciptakan sinergitas, selaras, dan terpadu pembentukan produk hukum dan pelayanan hukum di Kabupaten Aceh Tamiang,” ujarnya ketika itu

Nama Desa Sadar Hukum,

  1. Kecamatan Manyak Payed

Desa matang Ara Jawa, Tanjung Neraca, Mesjid dan Pahlawan.

2. Kecamatan Karang Baru

Desa Johar, Paya Awe, Paya Meta dan Tanjung Seumantoh.

3. Kecamatan Bendahara

Desa Tanjung Lipat 1 (satu), Balai, Kuala Genting dan Upah.

4. Kecamatan Seruway

Desa Sungai Kuruk satu, Pantai Balai, Tangsi Lama dan Gedung Biara.

5. Kecamatan Rantau

Desa Jamur Labu, Suka mulia, Jamur jelatang dan Suka jadi

6. Kecamatan Kejuruan Muda

Desa Sidodadi, Sungai liput dan Purwodadi

7. Kecamatan Kota Kualasimpang

Desa Bukit Tempurung, Kotalintang dan Sriwijaya

8. Kecamatan Bandar Pusaka

Desa Aras sembilan, Serba dan Jambo Rambong

9. Kecamatan Banda Mulia

Desa Suka damai, Suka mulia upah dan Suka

10. Kecamatan Tenggulun

Desa Rimba Sawang, Tebing Tinggi dan Selamat.

11. Kecamatan Sekerak

Desa Bandar Mahligai, Sekerak Kanan dan Lubuk Sidup

12. Kecamatan Tamiang Hulu

Alur Tani satu, Bandar Khalifah serta Wonosari

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Index Berita